Search
  • p3lurub3k4s

Jangan Buru-buru Dibuang, Ubah Botol Bekas Menjadi Barang Yang Bermanfaat

Seperti diketahui bersama jika botol bekas yang berbahan dasar plastik merupakan salah satu macam sampah yang sangat sulit untuk diuraikan, bahkan untuk menguraikannya dibutuhkan waktu hingga berpuluh-puluh tahun lamanya. Bisa dibayangkan jika lautan sampah dipenuhi dengan botol plastik tersebut, akan sampai kapan sampah non organik tersebut dapat teruraikan semuanya. Tidak berhenti sampai disitu saja, keberadaan botol plastik yang dibiarkan begitu saja dan tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan permasalahan lainnya yakni dapat menyebabkan berbagai macam penyakit lantaran dipergunakan nyamuk untuk berkembang biak.


Untuk menyikapi hal tersebut ada banyak hal yang dapat dilakukan selain dengan membuang sampah pada tempat yang telah disediakan juga dengan memanfaatkan botol bekas tersebut dan mengolahnya menjadi sebuah kerajinan tangan yang tentunya sangat bermanfaat. Ada banyak macam aksesoris dari selongsong peluru bekas yang dapat Anda buat sendiri di rumah. untuk bahan referensi Anda juga tidak lagi bingung karena saat ini sudah banyak tutorial yang banyak dipraktekkan di media sosial yang dapat Anda tirukan. Apabila botol plastik ini dapat dikelola dengan baik bukan tidak mungkin botol yang hanya sebatas sampah tersebut akan berubah menjadi sebuah karya seni yang mempunyai nilai jual tinggi.


Macam-Macam Kerajinan Dari Bahan Botol Bekas



Mengutip dari m.liputan6.com, Macam-macam kerajinan tangan berbahan dasar botol plastik yang dapat Anda buat sendiri dan mempunyai nilai seni serta nilai jual yang cukup menggiurkan diantaranya sebagai berikut :


1. Tempat Sampah

Tidak banyak yang tahu jika ternyata kerajinan botol plastik dapat diubah menjadi sebuah tempat sampah. Tempat sampah berbahan dasar botol bekas ini tergolong sangat unik dan juga sangat ramah lingkungan. Untuk membuat sebuah tempat sampah ini dibutuhkan botol bekas yang cukup banyak tergantung besar kecilnya ukuran tempat sampah yang diinginkan. semakin besar tempat sampah yang akan dibuat tentunya membutuhkan botol bekas yang banyak pula. Cara pembuatannya adalah dengan merekatkan satu botol dengan botol lainnya dengan menggunakan lem tembak dan dibuat melingkar seperti sebuah drum dan menyusunnya hingga 3 atau 4 tumpukan botol tersebut. sebagai alas dari tenpat sampah ini Anda dapat mempergunakan triplek ataupun seng yang berbahan dasar cukup kuat dan tidak mudah rusak.


2. Celengan Unyu

Kerajinan botol plastik lainnya adalah membuat sebuah celengan unik dan juga lucu dengan menggunakan botol bekas. Untuk membuat celengan ini cukuplah mudah, yaitu dengan cara satu buah botol bekas yang ditempeli manik-manik sebagai mata dan hidungnya serta penggunaan tutup botol sebagi bentuk kakinya, sehingga membentuk seperti sebuah hewan ataupun karakter lainnya. agar lebih mempercantik tampilan dari celengan ini jangan lupa pergunakan juga cat minyak dengan warna-warna yang cerah.


3. Pot Bunga

Salah satu yang paling banyak dipraktekkan dari kerajinan botol plastik ini adalah pembuatan vas atau pot bunga. Untuk membuatnya juga sangatlah mudah yakni dengan cara memotong botol bekas tersebut menjadi dua bagian yang kemudian menggunakan bagian botol yang bawah saja. anda juga dapat menambahkan sedikit sentuhan kreatifitas seperti membentuk pot menjadi karakter hewan agar pot bunga tersebut mempunyai bentuk yang unik dan juga lucu.


4. Wadah Pulpen dan Pensil

Untuk membuat wadah pensil ini dibutuhkan 2 buah botol bekas. Cara pembuatannya adalah dengan memotong bagian kerucut dari botol yang pertama, kemudian potong juga bagian bawah dari botol yang kedua dengan panjang kira-kira 5cm atau sepertiga dari botol tersebut. botol pertama yang dipotong kerucutnya tadi akan menjadi wadah dari pensil ini, sedangkan botol yang kedua akan menjadi tutupnya.

29 views

©2020 by aksesoris dari selongsong peluru bekas. Proudly created with Wix.com

This site was designed with the
.com
website builder. Create your website today.
Start Now